Back » MY: Sumsel Siap Jadi Tuan Rumah Silatnas Halaqoh BEM Pesantren SI

Palembang, sumselprov.go id- Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya menerima Badan Pengurus Harian Halaqoh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Pesantren Se-Indonesia 2021-2023 di Ruang Kerja Wakil Gubernur, Kamis (14/10/2021).

Audiensi itu dalam rangka dipilihnya Sumsel sebagai tempat melaksanakan kegiatan Silaturahmi Nasional (Silatnas) Halaqoh BEM Pesantren se-Indonesia (SI).

Menanggapi hal tersebut, MY ungkapkan pada prinsipnya Sumsel siap untuk mendukung dan menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan tersebut. "Jika legal sudah terpenuhi, prinsipnya Sumsel siap mendukung dan menjadi tuan rumah," tegasnya.

MY jelaskan sebelum Pemprov Sumsel dapat mendukung eksistensi organisasi melalui penyelenggaraan berbagai kegiatan di Sumsel, pihaknya harus memastikan bahwa organisasi tersebut memiliki legitimasi organisasi yang baik dimana harus telah terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sumsel.

"Sangat penting untuk suatu organisasi telah menyelesaikan segala proses administrasinya dan terdaftar di kesbangpol. Karena ini menyangkut legalitas dalam penentuan anggaran kedepannya dan agar tidak menimbulkan masalah kedepannya. Prinsipnya jika legal telah sesuai ketentuan, kita siap mendukung, tinggal ajukan proposalnya," jelas MY.

Sementara itu, Presidium BEM Pesantren Se-Indonesia, M Naqib Abdullah, ungkapkan bahwa BEM Pesantren se-Indonesia telah melaksanakan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) pada 8 s.d 10 Oktober 2021 di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Maarif Kaplongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Dalam kegiatan ini menghasilkan Presidium BEM Pesantren SI dan Korwil Sumsel BEM Pesantren se-Indonesia, Samsul Munir.

Selanjutnya, Untuk wilayah Sumsel sendiri, rencananya Desember mendatang akan dilaksanakan Musyawarah wilayah, membahas proker organisasi di Sumsel kedepannya. Selanjutnya baru akan dilaksanakan Silatnas pada bulan April atau Mei mendatang.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.