Back » Bahas Terminal Karya Jaya, HD Hadiri Rapat dengan Kementerian Perhubungan RI

Palembang, sumselprov.go id-Gubernur Sumsel H Herman Deru didampingi Bupati Banyuasin H. Askolani, SH., MH, menghadiri acara pencanangan dimulainya
Rapat pembahasan Terminal Karya Jaya Sumsel melalui virtual dari Rumah Dinas Bupati Banyuasin, Rabu (16/09/2020).

Untuk menunjang aktivitas masyarakat, Gubernur HD mengungkapkan bahwa dirinya bersama Walikota Sumsel H Harnojoyo mengajukan permohonan untuk membuat terminal terpadu antar moda atau multi moda yang terdiri atas fasilitas kereta api, angkutan air dan juga angkutan darat.

"Pengajuan ini dilakukan berdasarkan pada perhitungan letak yang sangat strategis dan tidak banyak biaya. Hal ini dirasakan perlu dilakukan seiring dengan perkembangan kota yang dimulai dari pertumbuhan pembangunan infrastruktur yang ada, yang mempengaruhi lajunya pertumbuhan ekonomi atas aktivitas yang terus bertambah di kawasan tersebut," ujarnya.

Menurutnya, Stasiun Kertapati kecuali melayani penumpang baik dari Palembang ke Lampung juga ke Lubuk Linggau, dan dijadikan tempat bongkar muat batu bara dan naik turun penumpang. Selain itu, pembangunan terminal juga akan mempengaruhi pembenahan lingkungan sekitar yang pada lokasi.

HD ungkapkan terkait hal tersebut, pihaknya juga telah menyiapkan DED dam studi kelayakan yang telah disesuaikan dengan adanya perkembangan yang ada dan mungkin juga masih perlu revisi-revisi. Untuk itu, Ia menegaskan bahwa Pemprov Sumsel siap ditugaskan dalam hal apapun untuk percepatan pembangunan ini agar dapat segera memenuhi kebutuhan masyarakat dan akan memantik percepatan pertumbuhan komoditas yang ditarget bertambah.

Untuk mempersiapkan hal tersebut, Ia juga mengatakan siap untuk berkoordinasi dan berkomunikasi dengan segala unsur yang dibutuhkan baik dari Universitas dan juga pihak Kementerian.

"Kami siap jika ada tim dari kemenhub yang datang untuk membimbing kami apa yang harus kami lengkapi untuk memdukung hal ini. Kemudian Pemprov Sumsel akan menyiapkan perencanaan yang baik," jelas nya.

Dalam kesempatan itu, dibahas juga tentang rencana integrasi Terminal karya jaya dengan stasiun kereta api dan berbagai alternatif baik moda jalan.

Menteri Perhubungan RI, Ir. Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa Ia pada dasarnya samgat mendukung agar moda transportasi di Sumsel terus membaik. Oleh sebab itu, terkait dengan pengajuan pembangunan terminal terpadu Ia meminta agar pihak Pemprov Sumsel dan Pemkot Palembang dapat memberikan gambaran yang detail tentang perencanaan terminal tersebut, mulai dari gambar, jarak, dan fungsinya.

"Pada dasarnya kita support bila titik karya jaya jika fungsi antar moda, mereka yang menggunakan kereta api dari luar kota selanjutnya ditampung bus dalam kota. Dan bisa ke kota lainnya. Namun saya minta detail design karya jaya ini yang lebih detail agar pembangunan Terminal ini termanfaatkan dengan baik pada saatnya nanti," ujarnya.

Lebih lanjut, Budi menargetkan dalam waktu seminggu akan diadakan pertemuan lanjutan dengan data dan konsep yang suda detail untuk dievaluasi dan ditindaklanjuti. Bupati Banyuasin, H. Askolani, SH., MH, Menteri Perhubungan RI, Ir. Budi Karya Sumadi.

Turut hadir Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan, SIK, SH, MH. Wakil Bupati Banyuasin, H. Slamet, Danrem 044/Gapo, Brigjen Jauhari Agus Suraji, SIP., S.Sos, Danlanud Sri Mulyono Herlambang (SMH) Kolonel Pnb Firman Wirayuda, S.T., M.Soc, Sc., Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Muhammad Zamroni, Para Kepala OPD Prov Sumsel dan TGUPP Prov Sumsel.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.