Back » Satukan Visi Forkopimda se-Sumsel Antisipasi Dampak Covid-19

Palembang, sumselprov.go.id-Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama Unsur Forkopimda Sumsel melakukan Video Conference dengan Forkopimda Kabupaten/Kota di Sumsel di Command Center Pemprov Sumsel, Selasa (24/03/2020). Video Conference itu dalam rangka menyamakan visi dalam upaya menekan penyebaran Covid 19 di Sumsel.

"Dengan ini saya menghimbau seluruh Kabupaten/Kota se - Sumsel untuk menaikan statusnya menjadi Tanggap Darurat segera diberlakukan mulai Hari ini dan segera membentuk Satgas Pengendalian guna menangkal Covid-19 di daerahnya masing-masing serta melakukan langkah cepat dan tepat dalam menanggulangi dan menangkal Covid-19,"ujarnya.

Dikatakannya hari ini Pemprov Sumsel telah menyiapkan cadangan dana awal 100 Milyar untuk menghadapi Covid-19 dengan melakukan relokasi dan refokusing APBD. Dan hal tersebut juga diharapkan dapat dilakukan oleh Kabupaten Kota Se - Sumatera Selatan.

Herman Deru menegaskan agar setiap Pemkab/Pemkot di Sumsel berpartisipasi mengantisipasi segala dampak yang mungkin terjadi akibat Covid-19 ini, baik itu dalam hal kesehatan, sosial dan ekonomi.

"Kita perlu lebih detail. Berikan edukasi ke masyarakat, dengan sikap disiplin dalam menerapkannya, selalu jaga jarak. Sebaiknya tempat-tempat wisata yang dapat memicu tidak terkontrolnya jarak manusia agar diinventalisir untuk ditutup sementara. Juga perjalanan dinas luar agar tidak dilakukan sementara waktu," tegasnya.

Namun dalam berbagai upaya tersebut, HD juga meminta agar produktivitas tetap terjaga dengan mensosialisasikan pada pemilik perusahaan-perusahaan atau pemilik gerai-gerai toko, untuk menerapkan sistem jaga jarak, yang pelaksanaanya nanti akan diawasi pihak keamanan.

"Upaya-upaya yang telah dilaksanakan pada tingkat pusat, akan diteruskan ke Provinsi dan dilanjutkan di kabupaten kota. Bahwa kita satu visi dalam melaksanakan instruksi Presiden guna menghadapi penanggulangan dampak Corona. Ada dua aspek yang perlu dicermati. Upaya pencegahan dan membendung dampak sosial ekonomi,"tuturnya.

Turut hadir Kapolda Sumsel Irjen Pol Priyo Widyanto, Pangdam II Srwijaya, Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M.Hum., Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan Hj. R.A Anita Noeringhati SH, MH., Sekda Prov Sumsel,H Nasrun Umar, Kadinkes Prov Sumsel, Hj Lesty Nurainy, Apt, M.Kes., Kadis Kominfo Prov Sumsel, H Achmad Rizwan, SSTP, MM.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.