Back » Masyarakat Puji Gubernur Herman Deru Atas Komitmennya Bantu Kabupaten OKUS

OKU Selatan, sumselprov.go.id - Dalam satu tahun kepemimpinan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru dan Wagub Sumsel H. Mawardi Yahya (HD/MY) komitmen dengan program menurunkan angka kemiskinan dari dua digit menjadi satu digit di Sumatera Selatan.

Hal tersebut dibuktikan Gubernur Sumsel H. Herman Deru dengan upaya memacu infrastruktur pembangunan jalan di seluruh kabupaten/kota se-Sumsel.

Ini tak lepas dari keinginan HDMY untuk menurunkan angka kemiskinan dengan tujuan menghubungkan konektivitas dan demi lancanya transportasi antar kabupaten/kota sebagai trigger (pemantik/pemicu) tumbuhnya perekonomian sesuai visi misi “Sumsel Maju Untuk Semua” untuk menurunkan angka kemiskinan dari dua digit menjadi satu digit.

Karena komitmennya itu mendapat respon positif dari berbagai lapisan masyarakat, tak terkecuali warga Kabupaten OKU Selatan.

Respon positif tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Kabupaten OKU Selatan Popo Ali Martopo saat memberikan sambutan pada sidang paripurna istimewa HUT Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) ke-16, di Gedung DPRD, Selasa (14/1/2020).

"Mewakili masyarakat OKU Selatan, saya berterimakasih sekali, berkat Pak Gubernur akses ke Muara Dua kini sudah sangat baik. Alhamdulillah perjalanan kami jadi singkat hanya dalam setahun. Sudah jauh berbeda sekali," tegas Popo Ali.

Menurut Popo, hampir seluruh ruas jalan Bumi Serasan Seandanan memang masuk kewenangan provinsi. Sehingga mereka sangat bergantung dengan keberpihakan Pemprov untuk penyediaan akses jalan.

Ia berharap keinginan masyarakat ini mendapat respon yang baik dari orang nomor satu di Sumsel tersebut. Mengingat bantuan provinsi sangat mereka harapkan agar memicu peningkatan mobilitas jalan maupun barang di daerah mereka.

"Itu adalah keinginan rakyat OKUS. Ada perhatian lebih, karena yang kami andalkan adalah jalan provinsi. Sebab kalau mobilitas barang bagus harga logistik bisa lebih murah sehingga bisa meningkatkan perekonomian. Bahkan ini juga dapat membentuk daerah-daerah komersil baru," jelasnya.

Terkait usianya yang ke-16 tahun, Popo mengatakan hendaknya dijadikan momen untuk mendapatkan energi baru. Karena usia 16 tahun merupakan usia yang sangat muda untuk sebuah daerah otonomi baru.

"Kami sangat berterima kasih tanpa kehadiran Pak Gubernur hari ini tentu tidak akan istimewa. Di usia ini tentu kita belum mencapai puncak pembangunan artinya jalan masih panjang ke depan. Dan kita harus segera sejajar dengan daerah lain," jelasnya.

Sementara itu Gubernur Sumsel H.Herman Deru mengatakan, HUT kabupaten/kota adalah hal penting bagi dirinya. Ia memilih tetap ke OKUS meski ada agenda tak kalah penting Jakarta.

Herman Deru sangat mengapresiasi kinerja pembangunan OKUS yang sudah dilakukan Bupati dan wakil bupatinya. Termasuk soliditas hubungannya dengan DPRD Kabupaten OKUS. Mau diukur menggunakan parameter apapun HD mengakui bahwa kemajuan OKUS sangat pesat termasuk prestasi-prestasi yang sudah berhasil catatkannya.

" Saya mengamati bukan hanya berdasarkan visual saja tapi berdasarkam data statiatik. Jadi setiap saya hadir ke ulang tahun saya sudah kantongi data statistiknya. Mulai dari kemajuan infrastruktur, inflasi, serta pertumbuhan ekonomi karena inilah alat menjadi alat utama menekan angka kemiskinan," jelasnya.

Meski baru berusia 16 tahun, HD mengaku sangat bangga dengan perkembangan OKU Selatan di bawah kepemimpinan Bupati Popo Ali Martopo, dan Wabup Solehien Abuasir.

"Harus saya akui, OKU Selatan cepat mensejajarkan diri dengan kabupaten lain. Jadi bukan lagi menyusul tapi sudah sejajar. Dan Saya ingin semangat ini tetap terjaga. Semoga OKUS semakin maju dengan segala prestasinya," ujar Herman Deru.

Pada kesempaten itu, Gubernur Sumsel H. Herman Deru memberikan Bantuan Penyaluran Kredit KUR Untuk para Petani dan UMKM di Kabupaten OKU Selatan  sebesar 21 Milyar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten OKU Selatan, Selasa (14/01/2020).

Selanjutnya usai menghadiri HUT Ke-16 Kab. OKU Selatan, Gubernur Sumsel H. Herman Deru memberikan bantuan berupa 500 bibit unggul sebagai bentuk kepeduliannya untuk penghijauan taman kota yang berada di Kab. OKU Selatan.

Bantuan 500 bibit unggul pohon alpukat ini ditujukan kepada kelompok tani yang berada di Kecamatan Sungai Are dengan harapan dapat mewujudkan hutan kota sebagai tempat edukasi bagi masyarakat, serta menjaga kelestarian lingkungan hidup di Sumsel khususnya OKU Selatan.

Turut Hadir Bupati OKU Selatan Popo Ali MB Commerce, Ketua TP PKK Prov. Sumsel, Hj. Febrita Lustia Herman Deru, Ketua TP-PKK Kab. OKU Selatan Isyana Lonetasari Popo dan Para Kepala OPD di lingkungan Prov. Sumsel.

MC Diskominfo Prov. Sumsel/TM