Back » Wujudkan Misi, Gubernur Herman Deru Resmikan Desa Berlistrik

 Banyuasin, sumselprov.go.id - Pengaliran listrik ke desa-desa juga merupakan salah satu perwujudan misi Pemprov Sumsel dibawah kepemimpinan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru dan Wagub Sumsel H. Mawardi Yahya untuk mewujudkan Sumsel Maju Untuk Semua.

Hal ini ditandai dengan Peresmian Desa Berlistrik Tahun 2019 oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru didampingi Bupati Banyuasin, H. Askolani bersama PT PLN Wilayah Sumsel, Jambi, dan Bengkulu di Kabupaten Banyuasin. Pemasangan listrik ini dilakukan pada 16 desa yang ada di Kabupaten Banyuasin di depan Kantor Desa Sri Agung, Rabu (4/12/2019).

Salah satu misi dalam sektor ketenagalistrikan yaitu membangun dan meningkatkan kualitas serta kuantitas infrastruktur, yang pastinya akan mendukung percepatan pembangunan wilayah pedalaman dan perbatasan.
.
" Pengembangan listrik pedesaan diarahkan untuk membantu kelompok masyarakat yang tidak mampu, mendorong pembangunan dan pertumbuhan ekonomi dan pastinya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.
.
Tambahnya, pengaliran listrik ini juga akan mempermudah untuk pengembangan program internet desa dan web desa yang telah diresmikan Gubernur HD beberapa waktu lalu. .

Herman Deru dalam keterangannya kepada wartawan usai peresmian mengatakan, jumlah desa yang belum teraliri listrik di Sumsel kini terus berkurang.  Sementra sejumlah desa lainnya diharapkan dapat segera dialiri listrik secara bertahap dengan menyelesaikan berbagai kendala yang dihadapi.

“Sumatera Selatan sebelumnya ada 63 desa yang belum teraliri listrik, dengan diresmikannya 16 desa pada hari ini maka tinggal 47 desa lagi yang belum teraliri dan itupun karena terkendala jaringan yang harus melintas di hutan lindung,” ujar Gubernur Herman Deru.

Diakui Herman Deru, pembangunan jaringan listrik untuk kawasan hutan lindung bukan hal yang mudah karena bersinggungan dengan perizinan dari Kementerian Kehutanan.

Terkait hal itu, Pemprov akan berupaya untuk mengajukan izin khusus kepada kementerian terkait.

“Bagaimana kita mau bersaing dengan negara luar atau daerah lain bila kecukupan listrik kita belum memadai, maka program listrik masuk desa ini tidak boleh hanya slogan.Tahun 2020 Sumsel kami tergetkan bebas dari desa tidak berlistrik,” tegas Deru.

Untuk Kabupaten Banyuasin kini hanya tersisa lima desa dan dua dusun yang belum tersaliri listrik.

Menurut Herman Deru, semua desa dan dusun tersebut akan dapat menikmati aliran listrik pada tahun depan dengan menggunakan energi listrik ramah lingkungan.

“Kami targetkan tahun 2020 semuanya sudah teraliri listrik dengan menggunakan PLTS dari program CSR,” pungkasnya.
.
Turut hadir General Manager PT. PLN Sumsel, Jambi, Bengkulu, Daryono, Bupati Banyuasin, H. Askolani, SH MH, dan kepala OPD Prov Sumsel.
MC Diskominfo Prov Sumsel/TM