Back » Gubernur Sumsel Harapkan RRI Menjadi Bagian Informasi Dari Program Pembangunan Sumsel

Palembang, sumselprov.go.id - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru ucapkan selamat Hari Radio Republik Indonesia (RRI) yang ke 74 kepada seluruh angkasawan dan angkasawati RRI Palembang.

Kita patut berbangga selama 74 tahun RRI sebagai lembaga penyiaran publik tetap eksis dan tetap mengudara walaupun banyaknya media penyiaran yang bermunculan saat ini.

Ucapan tersebut disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Selatan (Diskominfo Prov. Sumsel) H. Achmad Rizwan mewakili Gubernur Sumsel pada acara Penyulutan Obor  Tri Prasetya Hari Radio Republik Indonesia (RRI) ke-74 Tahun 2019 di  Auditorium RRI Palembang, Rabu (11/9/2019)

“Bukanlah hal yang mudah untuk tetap bertahan di era digital dengan berbagai pesatnya teknologi yang berkembang saat ini. Namun hari ini RRI telah membuktikan bahwa “Sekali di Udara Tetap di Udara”. Ujar Rizwan

Ia utarakan, sebagai lembaga penyiaran publik, tugas pokok dan fungsi RRi adalah sebagai pencerah masyarakat melalui produk siaran. RRI harus tetap kritis, independen, netral, tidak dibawah pengaruh rezim tertentu, harus tetap menjalankan fungsinya, dengan bukan lagi sebagai corong pemerintah namun tetap menjaga komitmen dengan visi dan misi yang telah ditetapkan.

“RRI harus tetap menjaga kualitas produk siarannya dari hal-hal yang negatif yang dapat menimbulkan kesalahpahaman masyarakat sebagai pendengar” kata Achmad Rizwan.

Jelasnya, Selama ini, RRI Palembang sudah menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. Sebagai bentuk kerjasama dan dukungan terhadap pemerintah daerah adalah dengan ikut menyebarluaskan informasi mengenai pembangunan di sumatera selatan melalui corong RRi ke pelosok sumatera selatan.

“Penyebaran informasi sangatlah diperlukan agar setiap lapisan masyarakat mengetahui keberhasilan dari suatu daerah dan ikut berbangga dengan hasil yang telah dicapai. Apalagi ditengah maraknya berita hoax yang semakin merajalela, setiap instansi dituntut untuk menyampaikan kepastian informasi secara benar dan dapat dipertanggungjawaban karena masyarakat berhak mendapat kepastian informasi yang akurat” terang Kadis Kominfo

Lanjutnya, selain itu RRI harus terus meningkatkan bukan hanya konten tetapi dalam pengelolaannya harus menerapkan kaidah-kaidah manajemen dari mulai perencanaan, organisasi, kegiatan, maupun kontrolnya.

Achmad Rizwan ungkapkan, bagaimana kita ketahuhi, sumatera dalam kurun 1(satu) tahun ini telah menjadi tuan rumah baik event nasional maupun internasional, sukesnya pelaksanaan kejuaraan dunia Motocross MXGP 2019 yang dilaksanakan di Jakabaring Palembang tidak lepas dari andil media publik termasuk RRI.

“Di bulan Nivember 2019 mendatang Sumsel kembali menjadi tuan rumah kejuaraan Bowling Dunia, tentunya dukungan dan partisipasi media public sangat dibutuhkan untuk mensosialisasikan kegiatan tersebut, masyarakat di sumsel harus mengetahui dan ikut merasa bangga karena dari provinsi yang ada di Indonesia Provinsi sumatera selatan terpilih sebagai tuan rumah kejuaraan dunia bergengsi tersebut” pungkasnya.

Tambah Kadis Kominfo, dengan menjadi tuan rumah kejuaraan dunia, maka negara-negara di berbagai belahan dunia akan hadir mengunjungi kota Palembang provinsi sumsel. Kesemuanya itu akan menumbulkan multiple Effect bagi masyarakat umumnya.

“Seperti kemudahan akses transportasi, membuka lapangan pekerjaan, meningkatkan jumlah wisatawan, mengundang investor baru hingga meningkatkan jumlah UKM baru yang kesemuanya itu pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat maka angka kemiskinan yang saat ini di level 2 digit, diharapkan turun menjadi 1 digit” jelasnya.

Untuk itu sebagai bagian dari penyebar informasi public, RRI Palembang diharapkan mampu mengambil peran yang lebih signifikan dalam mendukung dan menyukseskan agenda pembangunan dan pelaksanaan program kerja pemerintah baik pusat maupun daerah yang tentunya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Harapan saya terkhusus kepada seluruh insan RRI Palembang khususnya dan RRI di seluruh Indonesia pada umumnya agar dapat memanfaatkan event-event baik yang bersifat nasional maupun Internasional untuk dapat mengangkat nama Indonesia semakin lebih dikenal dan juga dapat membantu menyiarkan agar masyarakat dapat meraskan hasil dari pembangunan yang telah dijalankan oleh pemerintah. Dukungan partisipasi angkasawan dan angkasawati sekalian sangatlah kami harapkan” harapnya

Ia tambahkan, semoga RRI menjadi lembaga penyiaran public yang tetap konsisten, mengikuti perkembangan zaman dan selalu melahirkan karya-karya yang inovatif dan dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat sampai ke pelosok dengan akses yang mudah.

“Semoga kerjasama dan hubungan yang baik antara Palembang dan pemerintah provinsi sumatera selatan yang terjalin selama ini dapat terus kita jalankan” tutupnya.

Turut hadir, Kepala RRI Palembang, Ibu Dra. Chisma Rini, MM. Kepala Stasiun TVRI Palembang-Sumsel, Bapak Sukirman, Tokoh Agama/ Orang tua kita Buya KH. Zainal Hanif, Pejabat di lingkungan RRI Palembang.

Dan dihadiri juga; Pangdam II SWJ diwakili KAPENDAM Kolonel INF. Djohan Darmawan, Kapolda Sumsel di wakili Kasubid Humas AKBP. dan Angkasawan, ankasawati, RRI serta penyulutan Obor Tri Prasetya

MC Diskominfo Prov. Sumsel/TM